KONTRIBUSI KEGIATAN PERAGAAN BUSANA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZZAM JATISARI MIJEN


Diah Wulandari, 1601414057 (2020) KONTRIBUSI KEGIATAN PERAGAAN BUSANA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZZAM JATISARI MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI KEGIATAN PERAGAAN BUSANA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZZAM JATISARI MIJEN]
Preview
PDF (KONTRIBUSI KEGIATAN PERAGAAN BUSANA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZZAM JATISARI MIJEN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan peragaan busana pada anak kelompok B TK Al Azzam Jatisari Mijen, Semarang. Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat, khususnya dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Al Azzam sebanyak 31 anak. Objek penelitian ini yaitu rasa percaya diri anak yang meliputi yakin kepada diri sendiri, tidak tergantung pada orang lain, merasa berharga, dan memiliki keberanian untuk bertindak,. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan peragaan busana dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh persentase percaya diri sebesar 35,29% dan pada pelaksanaan selanjutnya meningkat menjadi 82,35%. Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan kegiatan peragaan busana diawali dengan guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak. Kemudian guru memberi contoh peragaan busana. Selesai memberi contoh, guru mempersilakan anak yang akan peragaan busana untuk tunjuk tangan terlebih dahulu. Masing-masing anak peragaan busana di depan, dan ketika kesulitan dalam menyampaikan maknanya guru menstimulasi dengan cara memberikan pertanyaan. Setelah peragaan busana masing-masing anak diberi pertanyaan yang berbeda oleh guru. Sebagai bentuk penguatan, anak diberi reward berupa pujian, thos, jempol, tepuk tangan dan stiker.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: percaya diri, peragaan busana anak usia 5-6 tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 24 Apr 2020 19:52
Last Modified: 15 Oct 2020 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35984

Actions (login required)

View Item View Item