HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Adelia Setiawati, 15111414055 (2020) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (987kB) | Preview

Abstract

Bagi mahasiswa tugas akademik merupakan hal yang wajar, baik tugas individu maupun tugas kelompok. Ketika mengerjakan tugas kelompok, banyak mahasiswa yang masih kurang dalam menerapkan etika bekerja sama dengan baik sehingga terjadilah social loafing. Komunikasi interpersonal yang rendah merupakan salah satu penyebab terjadinya social loafing pada mahasiswa. Untuk itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari hubungan komunikasi interpersonal dengan social loafing pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unnes dengan sampel berjumlah 350 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Skala komunikasi interpersonal terdiri dari 40 aitem dengan validitas 0,184 hingga 0,690 dan reliabilitas sebesar 0,723. Skala social loafing memiliki 44 aitem dengan validitas antara 0,172 hingga 0,702 dan reliabilitas sebesar 0,736. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Rank Spearmen. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar = -0,775 dengan signifikansi (p) = 0,000 pada taraf signifikansi 5% (ρ < 0,05). Maka terdapat hubungan negatif yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan social loafing pada mahasiswa Unnes. Artinya, semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin rendah social loafing, atau sebaliknya semakin rendah komunikasi interpersoal maka semakin tinggi social loafing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Social Loafing, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 24 Apr 2020 18:46
Last Modified: 15 Oct 2020 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35978

Actions (login required)

View Item View Item