Kematangan Emosi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Alfi Nor Afiyah , 1511413162 (2020) Kematangan Emosi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kematangan Emosi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang]
Preview
PDF (Kematangan Emosi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (569kB) | Preview

Abstract

Orang tua pada saat ini mempercayakan anak-anak mereka untuk disekolahkan ke tingkat PAUD. Pendidikan di tingkat PAUD lebih ke arah pemberian rangsangan (stimulasi) untuk mengembangkan intelegensi, kemampuan sosial dan kematangan motorik anak. Guru dalam pembelajaran di PAUD sangatlah penting, karena harus mempunyai ketrampilan dan tingkat pendidikan yang sesuai, sabar dalam berbagai hal, kreatif, mempunyai latar belakang pendidikan S1 PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kematangan emosi pada guru yang mengajar di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 111 orang guru pria dan wanita, dan sedang aktif mengajar PAUD di wilayah kecamatan Gunungpati. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi kematangan emosi. Validitas yang digunakan pada penenlitian ini yaitu validitas konstrak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kematangan emosi guru PAUD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri kematangan emosi guru PAUD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, yaitu ciri-ciri untuk menerima baik keadaan dirinya maupun keadaan orang lain yang masuk dalam kategori tinggi, ciri-ciri untuk bersifat sabar yang masuk dalam kategori tinggi, ciri-ciri untuk mengendalikan emosi yang masuk dalam kategori sedang, ciri-ciri untuk bersikap tanggung jawab yang masuk dalam kategori sedang, ciri-ciri untuk tidak bersifat impulsif yang masuk dalam kategori sedang. Diharapkan guru-guru dan sekolah PAUD, dapat lebih meningkatkan ciri kematangan emosi sebagai penunjang dalam keberhasilan anakanak PAUD. Peneliti selanjutnya dapat memaksimalkan teknik pengumpulan data agar lebih dapat bervariasi sehingga diperoleh data yang akurat, tepat dan maksimal bagi keberhasilan penelitian lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kematangan emosi Guru PAUD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Emosi, Guru, Anak-anak usia dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 18:09
Last Modified: 23 Apr 2020 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35974

Actions (login required)

View Item View Item