EFEKTIVITAS MENTAL CONTRASTING WITH IMPLEMENTATION INTENTION (MCII) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI


Talitha Yumna Zhafira , 1511413129 (2020) EFEKTIVITAS MENTAL CONTRASTING WITH IMPLEMENTATION INTENTION (MCII) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MENTAL CONTRASTING WITH IMPLEMENTATION INTENTION (MCII) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MENTAL CONTRASTING WITH IMPLEMENTATION INTENTION (MCII) UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI) - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Salah satu tangung jawab terbesar seorang mahasiswa selama menempuh perguruan tinggi adalah tugas akhir atau skripsi. Dalam proses pengerjaan skripsi akan selalu ada kendala dan kesulitan yang muncul, meskipun bobot dan tingkat kesulitannya berbeda-beda bagi setiap mahasiswa. Hambatan dan kesulitan yang tidak mampu teratasi akan sangat merugikan mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu memiliki komitmen yang kuat dan terencana terhadap pemenuhan target skripsinya. Komitmen yang kuat berupa pikiran, perasaan dan tindakan yang terencana untuk mencapai target disebut dengan regulasi diri. Salah satu strategi untuk membantu individu meningkatkan regulasi diri adalah Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII. Strategi ini dinilai mampu menguatkan komitmen mahasiswa terhadap target skripsi secara efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Adapun penelitian ini melibatkan 19 orang subjek mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, yang kemudian dibagi ke dalam 5 kelompok diskusi kecil. Alat ukur yang digunakan adalah skala regulasi diri yang diadaptasi dari Self Regulation Questionnaire (SRQ). Skala ini tediri dari 41 aitem yang telah diuji cobakan. Adapun perlakuan yang diberikan adalah berupa strategi Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) kepada seluruh kelompok eksperimen. Pelaksanaan penelitian sendiri terdiri dari 12 sesi yang ditempuh selama satu bulan. Adapun intervensi yang diberikan meliputi strategi Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) yang terdiri dari 3 tahap utama yaitu warming up, mental contrasting, dan implementation intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki perbedaan skor regulasi diri yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil analisis perbandingan skor pretest dan post-test menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai t (3,962) > t tabel (2,878). Selain itu, nilai signifikansi (p) sebesar 0,001 < taraf signifikansi 5% (p=0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) efektif untuk meningkatkan regulasi diri pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII), Regulasi Diri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 18:00
Last Modified: 23 Apr 2020 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35972

Actions (login required)

View Item View Item