HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS MANDALA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG


Jamilah, 1401415028 (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS MANDALA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS MANDALA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS MANDALA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV, angket dan dokumentasi di SD Negeri Gugus Mandala, ditemukan bahwa kebiasaan belajar sebagian siswa masih rendah dan sebagian siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar Bahasa Indonesia yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji apakah ada hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; (2) Untuk menguji apakah ada hubungan hubungan yang signifikan dan positif antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; (3) Untuk menguji Apakah ada hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Tehnik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik non-probability sampling yang berupa sampel jenuh ,sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Mandala Kecamatan Tersono Kabupaten Batang yang berjumlah 101 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas, serta uji hipotesis meliputi uji t, uji korelasi sederhana, uji F, dan uji korelasi ganda. Hasil Analisis menunjukkan bahwa (1) Adanya hubungan yang signifikan dan positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,441 dengan rtabel 0,195 dan taraf kesalahan 5% , termasuk kategori sedang. (2) Adanya hubungan yang signifikan dan positif keaktifan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,325 dengan rtabel 0,19 dan taraf kesalahan 5%, termasuk kategori rendah. (3) Adanya hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,5444 dengan rtabel 0,195 dan taraf kesalahan 5%, termasuk kategori sedang. Simpulan penelitian yaitu kebiasaan belajar dan keaktifan siswa mempunyai hubungan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD Negeri Gugus Mandala Kecamatan Tersono Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa; kebiasaan belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:40
Last Modified: 15 Oct 2020 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item