HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMA


Rahmawati Cahyaningtyas , 1301415075 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMA]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMA) - Published Version
Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kecemasan yang berhubungan dengan aktivitas akademik. Kecemasan akademik yang dialami siswa membuat siswa sulit berkonsentrasi pada berbagai tugas akademik yang kemudian berdampak pada turunya prestasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang harapan akademik orang tua dan self efficacy dengan kecemasan akademik pada siswa SMA negeri 3 Semarang dan SMA Negeri 5 Semarang baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 307 dari 2454 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah AEQ (Achievement Emotions Questionnaire), PPE (Parental Expectations) scale, dan MLSQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire. Koefisien skala tersebut adalah 0,211-0,619; 0,436-0,808; dan 0,286-0,833 dengan nilai alpha 0,826; 0,807; dan 0,804. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berjenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi tentang harapan akademik orang tua dengan kecemasan akademik (β = 0,24; t=5,47; p=<0,001), hubungan negatif antata self efficacy dengan kecemasan akademik (β= -0,568; t= -12,56; p=<0,001). Kemudian antara persepsi tentang harapanakademik orang tua dan self efficacy secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan akademik (R=0,686, F=37,914, p=<0,001). Disarankan agar guru BK dapat mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling untuk menurunkan kecemasan akademik siswa dengan melibatkan persepsi siswa tentang harapan akademik orang tua dan self efficacy.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang Harapan Akademik Orang Tua, Self Efficacy, Kecemasan Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:33
Last Modified: 23 Apr 2020 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35967

Actions (login required)

View Item View Item