HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU DISIPLIN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH SMA SETIABUDHI SEMARANG


Ariska Triastutik , 1301415069 (2020) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU DISIPLIN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH SMA SETIABUDHI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU DISIPLIN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH SMA SETIABUDHI SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU DISIPLIN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH SMA SETIABUDHI SEMARANG) - Published Version
Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan bahwa sebanyak 19,2% siswa melakukan pelanggaran ketidakdisiplinan terhadap tata tertib di sekolah. Hal tersebut diakibatkan rendahnya kesadaran siswa dalam berdisiplin, selebihnya disiplin dalam tata tertib di lembaga pendidikan hanya didasarkan sebagai paksaan. Akibatnya, siswa belum banyak menyadari bahwa perilaku disiplin terhadap tata tertib sekolah sebenarnya merupakan tanggung jawab pribadi siswa dan akan memberikan manfaat serta dampak yang positif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kontrol diri siswa, (2) mengetahui tingkat perilaku disiplin siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah, (3) membuktikan hubungan kontrol diri dan perilaku disiplin siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah SMA Setiabudhi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain penelitian ex post facto. Sampel yang terlibat 135 siswa dari populasi 214 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala kontrol diri, dan skala perilaku disiplin mematuhi tata tertib sekolah. Validitas instrument penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan rumus product moment. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri, dan perilaku disiplin mematuhi tata tertib sekolah masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan perilaku disiplin mematuhi tata tertib sekolah dengan derajat hubungan kuat (R=0668, p=<0,05). Saran yang dapat diberikan yaitu temuan dalam penelitian ini diharapkan berimplikasi pada guru BK akan pentingnya mengembangkan kontrol diri, agar siswa berperilaku disiplin guna terhindar dari perilaku yang dilarang sekolah, mendorong siswa melakukan halhal yang baik dan benar serta memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, perilaku disiplin, tata tertib sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:29
Last Modified: 23 Apr 2020 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35966

Actions (login required)

View Item View Item