PENGARUH KONTROL DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG SELATAN


Bina Saptarina, 1301415066 (2020) PENGARUH KONTROL DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONTROL DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG SELATAN]
Preview
PDF (PENGARUH KONTROL DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG SELATAN) - Published Version
Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri se-Wilayah Semarang Selatan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif ex post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 310 siswa dari populasi sejumlah 2.775 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan, kontrol diri dan konformitas teman sebaya. Pengujian validitas dan reliabilitas dengan rumus product moment dan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri dan kedisiplinan siswa termasuk ke dalam kategori tinggi. Sedangkan tingkat konformitas teman sebaya termasuk ke dalam termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa, dengan diperoleh nilai ( thitung = 14,368 > ttabel = 1,960 dan p = 0,000 < 0,05 ). Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa, dengan diperoleh nilai ( thitung = -1,583 < ttabel = 1,960 dan p = 0,114 > 0,05 ). Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kontrol diri dan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan, dengan nilai (R = 0,643; F = 108,041; p = 0,000). Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,413 atau 41,3%, hal tersebut berarti sumbangan efektif kontrol diri dan konformitas teman sebaya sebesar 41,3% terhadap kedisiplinan. Hal ini berarti masih terdapat 58,7% faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan. Berdasarkan hasil temuan tersebut, guru BK hendaknya memberikan layanan bimbingan dan konseling terkait dengan kontrol diri, konformitas teman sebaya dan kedisiplinan sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal tersebut bertujuan agar siswa memiliki kontrol diri yang baik dan konformitas teman sebaya yang positif sehingga dapat membentuk siswa yang memiliki perilaku disiplin yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, konformitas teman sebaya; kedisiplinan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:25
Last Modified: 15 Oct 2020 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35965

Actions (login required)

View Item View Item