KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN
Fifi Zaimatun Nisfa, 1301415051 (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN)
- Updated Version
Download (706kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa-siswa di sekolah yang memiliki perilaku asertif rendah. perilaku asertif adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mengekpresikan apa yang dirasakanya terhadap suatu hal dengan tanpa menyinggung ataupun menyakiti perasaan_individu lain. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar terjadi apabila terdapat dinamika didalam kelas, adanya komunikasi yang efektif antara semua elemen dalam sekolah. Namun karena rendahnya perilaku asertif yang dimiliki oleh siswa kegiatan belajar mengajar didalam kelas cenderung pasif, banyak siswa yang merasa takut dalam bertanya, malu dalam mengungkapakan pendapat didalam kelas, ada juga siswa yang sering membolos karena tidak adanya keberanian menolak ajakan teman untuk membolos, hal ini jika dibiarkan terus menerus dikhawatirkan akan mengganggu prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat membantu meningkatkan tingkat perilaku asertif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan, yang berjumlah 384 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling adalah 7 siswa yang memiliki perilaku asertif sangat rendah dan rendah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes skala psikologis yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan perlakukan konseling kelompok teknik dikusi kelompok. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok teknik diskusi kelompok mengalami peningkatan. Dari hasil pretest sebesar 51.50% dan hasil post test menjadi 71.24%. Peningkatan yang dialami mencapai 19.74%. Dalam penelitian ini terdapat keefektifan teknik diskusi kelompok terhadap peningkatan perilaku asertif siswa kelas XI dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (z = -2,366, p<0.05) dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, diskusi kelompok, perilaku asertif. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 17:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35964 |
Actions (login required)
View Item |