KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 1 BOYOLALI


Kemal Adi Pratama , 1301415019 (2020) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 1 BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 1 BOYOLALI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 1 BOYOLALI) - Published Version
Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi akan pentingnya karakter kerjasama untuk dapat dimiliki oleh setiap siswa dalam rangka menyongsong pembelajaran abad 21 dan juga sebagai bekal tuntutan dimasa depan sebagai sebuah ketrampilan yang bermanfaat bagi siswa. Penelitian ini membahas terkait dengan peningkatan karakter kerjasama melalui pemberian bimbingan klasikal dengan metode problem based learning.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran tingkat karakter kerjasama siswa sebelum diberikan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning ,(2) mengetahui gambaran tingkat karakter kerjasama siswa sesudah diberikan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning dan (3) membuktikan keefektifan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis one group pretest and post-test. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi yang berisikan items terkait dengan karakter kerjasama siswa yang diberikan kepada sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Boyolali sebanyak 38 siswa.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa (1) analisis statistic deskriptif untuk menggambarkan karakter kerjasama siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, (2) pengujian hipotesis melalui analisis uji t-test untuk membuktikan keefektifan bimbingan klasikal dengan problem based learning untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter kerjasama siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning serta bimbingan klasikal dengan metode problem based learning efektif untuk meningkatkan karakter kerjasama pada siswa. hasil uji perhitungan t-test diatas diperoleh t hitung sebesar -14.067, dengan df=37 sehingga nilai t tabel menjadi 2.711. dalam pengambilan keputusan hipotesis berdasarkan nilai t hitung yaitu jika t hitung > t tabel = Ho ditolak, jadi t hitung = 14.067 > t tabel = 2.711 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan metode problem based learning merupakan salah satu metode layanan yang efektif digunakan dalam rangka peningkatan karakter kerjasama pada siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian diatas diharapkan guru BK dapat mengupayakan peningkatan karakter kerjasama dengan memebrikan layanan klasikal,konseling kelompok ,konseling individu dan bimbingan kelompok dengan mengapilkasikannya menggunakan berbagai metode untuk dapat meningkatkan karakter tersebut

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal;problem based learning; karakter kerjasama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 17:16
Last Modified: 23 Apr 2020 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35963

Actions (login required)

View Item View Item