TINGKAT PERSEPSI GURU BK TENTANG KONSELING MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019


Yasin , 1301414062 (2019) TINGKAT PERSEPSI GURU BK TENTANG KONSELING MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT PERSEPSI GURU BK TENTANG KONSELING MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019]
Preview
PDF (TINGKAT PERSEPSI GURU BK TENTANG KONSELING MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019) - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa di Kabupaten Demak memiliki keragaman budaya yang begitu banyak, dan peneliti mendapatkan data dari wawancara bahwa guru BK belum begitu mengetahui tentang konseling multicultural, baik konsep dasar tujuan dan prinsip konseling multicultural, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tingkat persepsi guru BK tentan konseling multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi guru BK di SMA Negeri Se Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru BK SMA Negeri Se Kabupaten Demak dengan jumlah 40 guru BK. Teknik sampling yang digunkan adalah sampel jenuh karena populasi kurang dari 100 , kemudian menggunakan taraf kesalahan 5%. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis tentang persepsi guru BK tentang konseling multikultural Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata persepsi guru bk tentang konseling multicultural yaitu berada dalam kriteria tinggi dengan persentase sebesar 68%. Simpulan dari penelitian ini bahwa tingkat Persepsi guru BK di SMA Negeri Se Kabupaten Demak tentang konseling multikultural pada kriteria yang sangat tinggi dengan indikator “menerjemahkan konsep dasar konseling multikultural” mendapat persentase paling tinggi, sementara indikator “mengekstrapolasi konsep dasar konseling multicultural” mendapat indikator paling rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti mengemukakan beberapa saran, diantaranya bagi lembaga, diharapkan dapat memberikan pelatihan khusus maupun seminar mengenai konseling multikultural.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru BK, konseling multikultural
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 16:43
Last Modified: 23 Apr 2020 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35961

Actions (login required)

View Item View Item