PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG DAN SMP NEGERI 24 SEMARANG TAHUN 2019/2020


Intan Kumala Sari , 1301414060 (2020) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG DAN SMP NEGERI 24 SEMARANG TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG DAN SMP NEGERI 24 SEMARANG TAHUN 2019/2020]
Preview
PDF (PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG DAN SMP NEGERI 24 SEMARANG TAHUN 2019/2020) - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan fenomena yang ada di lapangan dimana kedisiplinan siswa yang masih rendah dengan masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran keharmonisan keluarga siswa, (2) gambaran kedisiplinan belajar siswa, dan (3) pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang dan SMP Negeri 24 Semarang yang berjumlah 512 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sampel yang diambil sejumlah 166 siswa dengan syarat pengambilan sampel sebesar 32% dari jumlah populasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis keharmonisan keluarga dan skala psikologis kedisiplinan belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa. Kemudian diketahui mengenai besarnya nilai koefisien determinasi (R2) atau R square yaitu sebesar 0,036 = 3,6%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga (X) memberikan sumbangan pengaruh sebesar 3,6% terhadap kedisiplinan belajar siswa (Y). Dengan kata lain, keharmonisan keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 3,6%, dan sisanya sebesar 96,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Maka dari itu, disarankan kepada guru BK untuk dapat memberikan layanan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan tegas dalam memberikan hukuman kepada para siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, kedisiplinan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 16:37
Last Modified: 23 Apr 2020 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35960

Actions (login required)

View Item View Item