Pelaksanaan Program Pelatihan Montir Sepeda Motor Bagi Anak Putus Sekolah Di Blk Boyolali Angkatan 2005.


Budi Astutik, 2006 (2006) Pelaksanaan Program Pelatihan Montir Sepeda Motor Bagi Anak Putus Sekolah Di Blk Boyolali Angkatan 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Pelatihan Montir Sepeda Motor Bagi Anak Putus Sekolah Di Blk Boyolali Angkatan 2005.]
Preview
PDF (Pelaksanaan Program Pelatihan Montir Sepeda Motor Bagi Anak Putus Sekolah Di Blk Boyolali Angkatan 2005.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Budi Astutik, 2006. Pelaksanaan Program Pelatihan Montir Sepeda Motor Bagi Anak Putus Sekolah Di Blk Boyolali Angkatan 2005. Skripsi Strata 1 Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. BLK merupakan salah satu lembaga pelatihan yang didirikan pemerintah untuk membantu mengatasi beberapa masalah masalah di negeri ini, terutama bagi anak putus sekolah yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi. BLK disyarakatkan untuk memberikan latihan dengan berbagai macam kejuruan tanpa dipungut biaya sehingga peserta ini termotivasi untuk mengikuti pelatihan montir sepeda motor yang diselenggarakan di BLK, karena dengan mengikuti pelatihan montir sepeda motor dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam bidang perbengkelan. Untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian bagi peserta tidak hanya tergantung pada peralatan yang serba modern, tetapi tergantung pada orang yang melaksanakan pelatihan tersebut sehingga perlu mengembangkan bakat yang dimilikinya yaitu dengan mengikuti pelatihan montir sepeda motor di BLK. Hasil dari pelaksanaan program pelatihan montir sepeda motor diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan keterampilan serta pengetahuan bagi peserta pelatihan. Dari permasalahan di atas penulis melakukan pelatihan dengan judul “Pelaksanaan Program Pelatihan montir sepeda motor bagi Anak Putus Sekolah di BLK Boyolali Angkatan 2005”. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan montir sepeda motor dan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalahan yang dibahas tidak berkenaan dengan angka- angka, tetapi mendeskripsikan, menguraikan, menggambarkan tentang pelaksanaan pelatihan montir sepeda motor di BLK Boyolali. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan: a) Pelaksanaan pelatihan montir sepeda motor diawali dengan dengan perekrutan peserta dan instruktur pelatihan melallui seleksi dengan sumber dana dari pemerintah, pelatihan montir sepeda motor ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena faktor biaya, maka ada BLK yang akan menampungnya. Sesuai dengan namanya BLK juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk diadakan pelatihan montir sepeda motor. Pada akhir pelatihan diadakan evaluasi yang menentukan kelulusan peserta, peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat dan akan dicarikan pekerjaan, b) Hambatan dalam pelatihan montir sepeda motor yaitu media informasi untuk mempromosikan pelatihan montir sepeda motor kurang dan dana untuk pelatihan minim sehingga waktu yang digunakan untuk memberikan materi pelatihan berkurang. Saran dalam penelitian ini sebaiknya dana yang digunakan untuk pelatihan ditambah, dalam pelaksanaan pelatihan seorang instruktur harus memberikan pelayanan yang bagus terutama dalam pemberian materi dan praktek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2011 00:52
Last Modified: 23 Aug 2011 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item