HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Ukky Riana Sari , 1301414027 (2020) HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2018/2019 yaitu tentang rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kestabilan emosi dan kemampuan berpikir kreatif dengan problem solving siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional dengan desain penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Kebumen yang berjumlah 340 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 172 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dan untuk metode analisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kestabilan emosi dengan kemampuan problem solving (R=0,931; F(1,170)=1102,85; p=<0,01). Lalu hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan problem solving(R=0,915; F(1,170)=874,480; p=<0,01). Dan yang terakhir hubungan yang signifikan antara kestabilan emosi dan berpikir kreatif dengan problem solving (R=0,835; F(2,169)=583,365; p=<0,01). Pembahasan temuan ini diarahkan untuk mengkaji konselor supaya dapat membantu siswa untuk meningkatkan kestabilan emosi dan berpikir kreatif dalam dirinya agar siswa dapat memecahkan masalah yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kestabilan emosi, berpikir kreatif, problem solving skill
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2020 16:31
Last Modified: 23 Apr 2020 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35959

Actions (login required)

View Item View Item