KESIAPAN KERJA MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH MODEL CAREER EDGE
Verend Arysdhianti , 7101415146 (2019) KESIAPAN KERJA MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH MODEL CAREER EDGE. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KESIAPAN KERJA MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2015 DITINJAU DARI PENGARUH MODEL CAREER EDGE)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kesiapan menjadi guru adalah kesiapan seseorang yang telah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pengajaran dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu diketahui bahwa mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 masih ragu untuk memutuskan karirnya dan menyiapkan diri menjadi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Career Development Learning; Experience; Degree Subject Knowledge, Understanding, & Skills; Generic Skills; Emotional Intelligence terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 yang berjumlah 158 mahasiswa, sedangkan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan career development learning; experience; generic skills dan emotional intelligence terhadap kesiapan menjadi guru. Degree subject knowledge, understanding, & skills tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kesiapan menjadi guru dapat dijelaskan oleh variabel career development learning; experience; degree subject knowledge, understanding, & skills; generic skills; dan emotional intelligence sebesar 64,2%, sedangkan sisanya 35,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Simpulan dalam penelitian yaitu terdapat pengaruh career development learning; experience; degree subject knowledge, understanding, & skills; generic skills; dan emotional intelligence secara simultan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Saran yang diberikan yaitu, mahasiswa Pendidikan Akuntansi diharapkan mampu meningkatkan kesiapan menjadi guru baik secara fisik melalui keefektifan pelatihan mengajar, dan pelatihan public speaking; serta secara psikis melalui bimbingan konseling untuk meningkatkan keyakinan diri berprofesi sebagai guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Menjadi Guru; Career development learning; Experience; Degree Subject Knowledge, Understanding, & Skills; Generic Skills; Emotional Intelligence. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 14:19 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 14:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35953 |
Actions (login required)
View Item |