PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN KESADARAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Nofi Ana Sri Palupi , 7101415142 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN KESADARAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN KESADARAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN KESADARAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan pemilik jumlah kendaraan menunjukkan angka yang cukup signifikan yaitu berkisar antara 6-9% di UPPD Kabupaten Purbalingga. Peningkatan tersebut belum sebanding dengan jumlah penerimaan pajak kendaraan bermotor. Jumlah penerimaan pajak yang rendah berarti menunjukkan tingkat kepatuhan pajak yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan kesadaran perpajakan dan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan melalui kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di UPPD Kabupaten Purbalingga sebanyak 379.700. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus Hair sebanyak 160 wajib pajak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak dalam kategori baik, kualitas pelayanan fiskus dalam kategori baik, sanksi pajak dalam kategori baik, pengetahuan perpajakan dalam kategori cukup dan kesadaran perpajakan dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak (17,4%), sanksi pajak berpengaruh langsung terhadap kepatuhan wajib pajak (32,3%), pengetahauan perpajakan tidak berpengaruh secara langsung terhadap kepatuhan wajib pajak dan kesadaran perpajakan berpengaruh secara langsung terhadap kepatuhan wajib pajak (27,4%). Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak dan kesadaran perpajakan. Sementara itu, pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kesadaran perpajakan berperan sebagai mediasi kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak dan pengetahuan perpajakan. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan bagi pihak pemerintah sebagai fiskus pajak yaitu memberikan sosialisasi terkait e-samsat, tujuan pemungutan pajak dan Perda No. 7 Tahun 2017 tentang Pajak Daerah. Kemudian saran bagi wajib pajak bisa meningkatkan pengetahuan dasar mengenai perpajakan, sehingga wajib pajak bisa lebih antusias terhadap kebijakan perpajakan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan kepatuhan wajib pajak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Apr 2020 13:56
Last Modified: 23 Apr 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35952

Actions (login required)

View Item View Item