Efektivitas Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMP Negeri 22 Semarang.


Fifi Widyaningrum, 2454000052 (2006) Efektivitas Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMP Negeri 22 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMP Negeri 22 Semarang.]
Preview
PDF (Efektivitas Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMP Negeri 22 Semarang.) - Published Version
Download (62kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari merupakan pelajaran tambahan, yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari bertujuan untuk mengatasi sedikitnya waktu dalam pelajaran kertangkes dan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dibidang seni tari. Sehubungan dengan itu penulis tertarik untuk meneliti “bagaimana efektivitas pembelajaran seni tari dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 22 Semarang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 22 Semarang. Manfaat penelitian ada 2 secara teoritis: a) menambah wawasan bagi guru bidang studi seni tari, b) menambah khasanah pengetahuan tentang pengajaran tari di SMP, c) memberi wawasan bagi peneliti yang akan meneliti sejenis, manfaat secara praktis: a) memberi motivasi kepada siswa dalam mengikuti pelajaran seni tari, b) menambah acuan bagi guru-guru bidang studi seni tari, c) menambah referensi bagi yang menekuni pengajaran seni tari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian SMP Negeri 22 Semarang. Sasaran penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah dan sarana prasarana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dapat dikatakan efektif karena jadwal pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 22 Semarang sesuai jadwal yang pelaksanaannya hari selasa pukul 14.00. Kegiatan ekstrakurikuler diperuntukkan terutama bagi siswa yang berminat dan ingin mengembangkan bakatnya dibidang seni tari. Guru yang mengajar sesuai dengan bidangnya karena lulusan dari jurusan Sendratasik, FBS, UNNES. Mempunyai Sarana yang memadaiyaitu aula untuk praktek tari. Pemberian materi yang bervariasi, penggunaan metode tepat, dan pemberian evaluasi harian dan akhir semester. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diharapkan baik para siswanya, guru, kepala sekolah, serta orang tua murid untuk dapat mempertahankan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari yang sudah efektif, dan akan lebih baik apabila lebih ditingkatkan dengan melihat kekurangan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 07:17
Last Modified: 22 Aug 2011 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3595

Actions (login required)

View Item View Item