PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen Se Kota Semarang)


Prita Suci Rahmadani , 7101415123 (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen Se Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMK Bidang Bisnis dan Ma]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMK Bidang Bisnis dan Ma) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu bangsa dan negara, karena dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Guru merupakan komponen utama yang sangat menentukan terjadinya proses pendidikan yang berkualitas. Salah satu cara untuk mencari guru yang berkualitas dapat dilihat dari kinerja guru tersebut. Menurut Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016. Kinerja guru pada SMK secara nasional pada tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi guru, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan di SMK Bisnis dan Manajemen se Kota Semarang berstatus negeri dan swasta, dengan jumlah 82 guru. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan total 82 guru. Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi guru dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Kompetensi guru dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, sedangkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja. Selanjutnya, secara tidak langsung kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi guru (7,83%), lingkungan kerja (8,80%) dan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru harus menyeimbangkan antara kompetensi yang dimiliki dengan senantiasa meningkatkan kinerjanya. Guru harus dapat meningkatkan kinerjanya karena adanya motivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Guru menjadikan kepemimpinan transformasional dari kepala sekolah sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerjanya agar lebih baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas variabel diluar variabel yang telah ditetili dalam penelitian ini, sehingga didapatkan faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Apr 2020 13:24
Last Modified: 23 Apr 2020 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35945

Actions (login required)

View Item View Item