PENGARUH KESEJAHTERAAN, PROFESI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES)


Ayu Anisah Jayanti , 7101415118 (2019) PENGARUH KESEJAHTERAAN, PROFESI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KESEJAHTERAAN, PROFESI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES)]
Preview
PDF (PENGARUH KESEJAHTERAAN, PROFESI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES)) - Published Version
Download (799kB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru merupakan suatu keinginan dan ketertarikan seseorang terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan adanya perasaan senang dan perhatian yang lebih terhadap profesi guru. Elemen minat menjadi guru bisa dimulai dari pengetahuan dan informasi mengenai profesi guru, perasaan senang dan ketertarikan terhadap profesi guru, perhatian yang lebih besar terhadap profesi guru serta kemauan dan hasrat untuk menjadi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan, profesi, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru (persepsi mahasiswa pendidikan akuntansi Unnes) secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian 107 mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dimana seluruh populasi menjadi responden penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi kesejahteraan guru, persepsi profesi guru, dan lingkungan keluarga, sedangkan variabel terikatnya adalah minat menjadi guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa minat menjadi guru dalam kategori tinggi, persepsi kesejahteraan guru dalam kategori baik, persepsi profesi guru dalam kategori baik, dan lingkungan keluarga dalam kategori mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi kesejahteraan guru, persepsi profesi guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru (49,9%). Secara parsial, persepsi kesejahteraan guru berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru (43,69%), persepsi profesi guru tidak terbukti berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru (0,90%), sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru (4,28%). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi kesejahteraan guru, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru secara simultan, terdapat pengaruh persepsi kesejahteraan guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru, dan tidak ada pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES. Saran yang diberikan yaitu hendaknya mahasiswa selalu mencari informasi mengenai hak dan kewajiban guru serta mengikuti kegiatan yang mampu menunjang kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan sebagai calon guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Persepsi Kesejahteraan Guru, Persepsi Profesi Guru, dan Lingkungan Keluarga.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Apr 2020 13:13
Last Modified: 23 Apr 2020 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item