PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)


Arifah Nur Fauzi , 1201416040 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)]
Preview
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan sejumlah mahasiswa PLS UNNES yang berperilaku wirausaha atau memiliki suatu usaha. Perilaku merupakan tindakan yang dilakukan untuk merespon atas stimulus yang mengenainya. Terdapatnya e-commerce sebagai media yang memungkinkan setiap orang untuk dapat berwirausaha meskipun tidak memiliki produk sendiri. Diharapkan dengan terdapatnya e-commerce dapat menjadi salah satu faktor atau stimulus yang dapat meningkatkan perilaku berwirausaha mahasiswa PLS UNNES. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-commerce terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa PLS UNNES. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, di mana penelitian dilakukan setelah suatu peristiwa terjadi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PLS UNNES yang berperilaku wirausaha, yang berjumlah 105 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling dan diperoleh 42 sampel atau 42 mahasiswa PLS UNNES. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner/angket dan dokumentasi. Kuesioner/angket ini terdiri atas 37 pernyataan. Metode analisis penelitian ini adalah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial yang terfokus terhadap regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce mahasiswa PLS UNNES berpengaruh secara positif terhadap perilaku beriwrausaha mahasiswa PLS UNNES karena koefisien regresi bernilai positif yaitu sebesar 0,798. Pemanfaatan e-commerce juga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa PLS UNNES karena nilai Sig. sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Pengaruh pemanfaatan e-commerce ini memberikan kontribusi sebesar 52,2% terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa PLS UNNES, dan sebesar 48,2% merupakan faktor luar yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan nilai positif dan signifikan antara pemanfaatan e-commerce terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa PLS UNNES, maka diharapkan mahasiswa PLS UNNES dapat meningkatkan pemanfaatannya dalam mengakses e-commerce untuk berwirausaha. Penulis juga berharap agar mahasiswa PLS UNNES dapat memaksimalkan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, agar dapat meningkatkan perilaku berwirausahanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, perilaku berwirausaha, mahasiswa PLS UNNES
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2020 19:34
Last Modified: 22 Apr 2020 19:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35923

Actions (login required)

View Item View Item