EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI PAUD ALAM UNGARAN DENGAN METODE CENTER FOR THE STUDY OF EVALUATION-UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES (CSE-UCLA)


A. Devi Niviyanti , 1201415049 (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI PAUD ALAM UNGARAN DENGAN METODE CENTER FOR THE STUDY OF EVALUATION-UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES (CSE-UCLA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI PAUD ALAM UNGARAN DENGAN METODE CENTER FOR THE STUDY OF EVALUATION-UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES (CSE-UCLA)]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI PAUD ALAM UNGARAN DENGAN METODE CENTER FOR THE STUDY OF EVALUATION-UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES (CSE-UCLA)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Munculnya PAUD Alam Ungaran didasarkan atas ketidakpuasan pengelola atas pendidikan saat ini, pengelola berkeinginan agar anak-anak PAUD bisa belajar bersama dengan alam sekitar dan anak dapat berinteraksi dengan alam sehingga dibuat sekolah alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran berbasis alam dengan metode CSE-UCLA yaitu needs assesment, program planning, formative evaluation, dan summative evaluation di PAUD Alam Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala PAUD dan Pendidik, sedangkan informan terdapat tiga orang yaitu Tenaga Administratif dan dua wali murid. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini antara lain dilihat dari need assesment (latar belakang, tujuan, dan analisis kebutuhan pembelajaran berbasis alam) telah sesuai ketentuan. Kemudian program planning (kurikulum, program pembelajaran, pendidik, peserta didik dan anggaran dana) telah sesuai. Formative evaluation, antara lain pelaksanaan program pembelajaran telah sesuai, penggunaan sarana dan prasarana sudah baik, monitoring dan supervisi terlaksana namun kurang maksimal. Pada summative evaluation (ketercapain program pembelajaran dan dampak) sudah sesuai. Semua tahap telah dianalisis menurut kebutuhan sekolah dan sesuai dengan ketetapan dari PERMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 mengenai standar nasional pendidikan anak usia dini. Simpulan dari penelitian ini yaitu program pembelajaran berbasis alam di PAUD Alam Ungaran telah sesuai dengan analisis CSE-UCLA dan sebagian besar telah memenuhi ketetapan dari PERMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014. Hambatan terdapat pada need assesment yaitu kurangnya tenaga pendidik, kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan yang kurang memenuhi standar, serta sarana prasarana sudah memenuhi standar namun dari PAUD Alam sendiri merasa membutuhkan ruang multimedia serta tirai. Sedangkan formative evaluation, pada monitoring dan supervisi masih kurang dalam pelaksanaannya. Saran untuk PAUD Alam Ungaran agar menambah pendidik, meningkatkan kualifikasi pendidik, meningkatkan sarana dan prasarana, dan pembenahan dalam monitoring dan supervisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Pembelajaran, PAUD, Pembelajaran Berbasis Alam, CSE-UCLA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2020 19:22
Last Modified: 22 Apr 2020 19:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35921

Actions (login required)

View Item View Item