PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI DESA LEREP, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG


Aniq , 1201415040 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI DESA LEREP, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI DESA LEREP, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI DESA LEREP, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (582kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan dan sikap masyarakat dalam pemberdayaan pengelolaan sampah melalui bank sampah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses tahapan pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah di Desa Lerep dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam berlangsungnya pemberdayaan?. Tujuan penelitan untuk mendeskripsikan proses tahapan pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitian, meliputi pengurus Bank Sampah yang berjumlah 2 orang dan informan 3 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Bank Sampah di Desa Lerep dilaksanakan melalui tiga proses tahapan pemberdayaan. Proses tahapan pemberdayaan tersebut meliputi tahap penyadaran, tahap transformasi kemampuan dan tahap pembentukan perilaku. Tahap penyadaran dilakukan melalui proses kegiatan sosialisasi ke lingkungan masyarakat. Tahap transformasi kemampuan dilaksanakan dengan adanya program-program kegiatan utama bank sampah berupa program tabungan sampah, pelatihan daur ulang sampah, pembayaran BPJS-KT menggunakan sampah dan program pelatihan pembuatan kompos Takakura. Tahap peningkatan kemampuan dilaksanakan melalui pembiasaan untuk mengarahkan masyarakat menuju berkemampuan mandiri dalam pengelolaan sampah. Pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah di Desa Lerep ditemukan perbedaan kemampuan dan kesadaran masyrakat yang meningkat dari kebiasaan buang sampah sembarang menuju pada kesadaran untuk mengelola serta mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat dan bersih untuk lingkungan. Faktor yang menjadi pendukung pemberdayaan masyarakat adalah semangat pengurus bank sampah dan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang. Sedangkan faktor penghambat utama berupa gedung bank sampah yang masih ditempati bersama dengan PAUD. Simpulan penelitian yaitu keberadaan bank sampah di Desa Lerep berperan dalam proses pemberdayaan masyarakat untuk sadar dalam pengelolaan serta pengolahan sampah, terdapat faktor-faktor yang memengaruhinya, baik mendukung maupun menghambat. Saran yang dapat diberikan, yaitu pengurus lebih aktif lagi dalam melaksakan evaluasi untuk meningkatkan kinerja program.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Bank Sampah, Masyarakat Desa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2020 19:15
Last Modified: 22 Apr 2020 19:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35920

Actions (login required)

View Item View Item