PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, FINANCIAL ATTITUDE, LOCUS OF CONTROL DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2016)


Mugi Rahayu, 7101415099 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, FINANCIAL ATTITUDE, LOCUS OF CONTROL DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2016). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, FINANCIAL ATTITUDE, LOCUS OF CONTROL DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang ]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, FINANCIAL ATTITUDE, LOCUS OF CONTROL DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang ) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku seseorang dalam mengatur dan mengelola keuangan pribadi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, mahasiswa masih belum menerapkan peilaku keuangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi, financial attitude, locus of control, pendidikan keluarga terhadap perilaku keuangan melalui financial literacy sebagai variabel intervening pada mahasiswa tahun angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 872 mahasiswa tahun angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 274 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Responden ditentukan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa perilaku keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, financial attitude, locus of control, pendidikan keluarga dan financial literacy dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di perguruan tinggi, financial attitude, locus of control, pendidikan keluarga dan financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Pembelajaran di perguruan tinggi, financial attitude, locus of control dan pendidikan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial literacy. Financial literacy dapat memediasi pengaruh financial attitude, locus of control dan pendidikan keluarga terhadap perilaku keuangan. Namun tidak dapat memediasi pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi terhadap perilaku keuangan. Simpulan penelitian ini terdapat dua belas hipotesis yang diterima yaitu pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh langsung terhadap perilaku keuangan dan financial literacy. Sedangkan financial attitude, locus of control dan pendidikan keluarga berpengaruh terhadap perilaku keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui financial literacy. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat memperbaiki perilaku keuangannya dengan membuat anggaran keuangan pribadi secara rutin. Mahasiswa juga perlu meningkatkan sikap positif terhadap manajemen keuangan agar mahasiswa percaya bahwa manajemen keuangan itu penting dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Financial Attitude, Locus of Control, Pendidikan Keluarga, Financial Literacy
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 17:03
Last Modified: 22 Apr 2020 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35917

Actions (login required)

View Item View Item