PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)


Dila Setiowati , 7101415097 (2019) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang)) - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru merupakan rasa senang dan ketertarikan individu tentang profesi guru sehingga individu tersebut akan fokus dan memiliki kemauan untuk berprofesi sebagai guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, dan motivasi menjadi guru terhadap minat menjadi guru. Pengaruh persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap motivasi menjadi guru. Pengaruh persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru melalui motivasi menjadi guru. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 se-Kota Semarang yang berjumlah 428 mahasiswa yang tersebar di tiga Universitas yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas PGRI, dan Universitas IVET Semarang. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 207 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi profesi, lingkungan keluarga dan motivasi menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru melalui motivasi menjadi guru. Peran motivasi menjadi guru dalam memediasi persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru bersifat partial mediation. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, dan motivasi menjadi guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru baik secara langsung maupun tidak langsung. Saran dalam penelitian ini bagi mahasiswa hendaknya lebih aktif dan terus menggali pengetahuan tentang profesi guru diera sekarang melalui seminar, workshop, dan media masa untuk menambah wawasan tentang profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Profesi, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru, Motivasi Menjadi Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 16:56
Last Modified: 22 Apr 2020 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item View Item