VARIABEL DETERMINANT PENGEMBANGAN UMKM ( Usaha Mikro, kecil dan Menengah) DI PASAR SRONDOL


PARIYEM , 7101415092 (2019) VARIABEL DETERMINANT PENGEMBANGAN UMKM ( Usaha Mikro, kecil dan Menengah) DI PASAR SRONDOL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of VARIABEL DETERMINANT PENGEMBANGAN UMKM ( Usaha Mikro, kecil dan Menengah) DI PASAR SRONDOL]
Preview
PDF (VARIABEL DETERMINANT PENGEMBANGAN UMKM ( Usaha Mikro, kecil dan Menengah) DI PASAR SRONDOL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan suatu usaha yang mampu memberikan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat, memberikan layanan sosial yang luas bagi masyarakat dan membantu dalam pemerataan dan peningkatan pendapatan. Masih banyak hambatan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di antara terbatasnya kualitas SDM, terbatasnya teknologi, hambatan dalam pemasaran, masalah bahan baku dan kurangnya peran pemerintah dalam pengembangan UMKM. Namun dengan adanya hambatan tersebut tidak memungkiri UMKM khususnya di kota Semarang bisa berkembang dengan baik. Tahun 2014 sampai tahun 2018 jumlah UMKM di kota Semarang terus mengalami peningkatan. Peneliti ingin meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM, faktor-faktor tersebut di antaranya: modal usaha, strategi pemasaran, bahan baku, karakteristik wirausaha, teknologi, kualitas SDM dan peran pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana sampel yang di ambil yaitu 100 UMKM yang ada di pasar Srondol yang termasuk kedalam 10 klaster produk ungguan kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan wawanara sebagai observasi awal. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi berganda dan teknik analisis statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel modal usaha, strategi pemasaran, bahan baku, karakteristik wirausha, teknologi , kualitas SDM dan peran pemerintah berpengaruh terhadap pengembangan UMKM yaitu sebesar 54% dan 46% di pengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan secara parsial ada faktor yang signifikan dengan pengembangan UMKM dan ada faktor yang tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM. Faktor yang signifikan terhadap pengembangan UMKM yaitu modal usaha yang memiliki pengaruh sebesar 21,34%, variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh sebesar 5,24%, dan kualitas SDM memiliki pengaruh sebesar 5,01%. Faktor yang tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM di pasar Srondol yaitu bahan baku, karakteristik wirausaha, teknologi dan peran pemerintah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan UMKM, faktor pengembangan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 16:51
Last Modified: 22 Apr 2020 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item View Item