ANALISIS KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH MENGGUNAKAN METODE RGEC DENGAN PELAKSANAAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Bank Umum Syariah yang terdaftar pada BEI Periode 2013 – 2017 )


Evi Erviani , 7101415083 (2019) ANALISIS KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH MENGGUNAKAN METODE RGEC DENGAN PELAKSANAAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Bank Umum Syariah yang terdaftar pada BEI Periode 2013 – 2017 ). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH MENGGUNAKAN METODE RGEC DENGAN PELAKSANAAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Bank Umum Syariah yang terdaftar pada BEI Periode 2013 – 2017 )]
Preview
PDF (ANALISIS KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH MENGGUNAKAN METODE RGEC DENGAN PELAKSANAAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DIREKSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Bank Umum Syariah yang terdaftar pada BEI Periode 2013 – 2017 )) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.13/1/PBI/2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum dan Bank Syariah, yang mewajibkan Bank Umum dan Bank Syariah melakukan penilaian tingkat kesehatan bank sendiri atau self assessment. Tata cara penilaian tingkat kesehatan bank terbaru tersebut menggunakkan metode RGEC. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat dan menganalisis tingkat kesehatan Bank Umum Syariah dengan menggunakan metode RGEC. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang terdapat pada BEI yaitu berjumlah 12 Bank Umum Syariah dengan sampel penelitian berjumlah 10 Bank Umum Syariah yang mengeluarkan laporan tahunan perusahaan serta yang terdapat faktor risk profile, good corporate governance, earnings, dan capital pada laporan tahunannya . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode data sekunder, dimana peneliti mengambil data dari laporan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa risk profile berpengaruh negatif terhadap kesehatan Bank Umum Syariah. Good corporate governance, earnings, capital dan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab direksi berpengaruh positife terhadap kesehatan bank syariah. Pada variabel moderasi, adanya pengaruh risk profile dan earnings terhadap kesehatan bank syariah melalui indeks dewan direksi diterima. Sedangkan pada hipotesis adanya pengaruh good corporate governance dan capital terhadap kesehatan bank syariah diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah hendaknya dapat memperbaiki kualitas manajemen risko dalam kegiatan operasional bank agar nilai komposit kesehatan bank dapat meningkat. Bagi para dewan direksi juga hendaknya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar. Hal tersebut adalah upaya untuk mengurangi terjadinya risiko dan dapat meningkatkan kualitas nilai kesehatan Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Bank Syariah, RGEC, Dewan Direksi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 15:23
Last Modified: 22 Apr 2020 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item