PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2016


Janah Setiya Nurul Arifa , 7101415081 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2016. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2016]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2016) - Published Version
Download (673kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi secara tidak langsung akan mempengaruhi pola pikir mahasiswa dan menjadikannya cenderung ingin memperbarui penampilan sesuai dengan trend yang sedang berkembang di masyarakat sehingga mahasiswa cenderung berperilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 berjumlah 6.505 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 377 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan keuangan di keluarga, literasi keuangan dan financial self-efficacy berpengaruh positif secara langsung terhadap financial management behavior. Sedangkan, pendapatan berpengaruh negatif terhadap financial management behavior. Secara tidak langsung, pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan terhadap financial management behavior dimediasi oleh financial self-efficacy. Selain itu, riset ini juga menemukan bahwa financial self-efficacy dipengaruhi oleh pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan. Namun, pendapatan ditemukan tidak berpengaruh terhadap financial self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan berpengaruh terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Terdapat pengaruh negatif pendapatan terhadap financial management behavior dan tidak ada pengaruh pendapatan terhadap financial management behavior melalui financial self-efficacy. Saran yang diberikan adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 untuk menerapkan kebiasaan berperilaku yang baik dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan keuangan di keluarga, pendapatan, literasi keuangan, financial management behavior, financial self-efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 14:41
Last Modified: 22 Apr 2020 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35910

Actions (login required)

View Item View Item