PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ashomatul Fadlilah , 7101415061 (2019) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Referensi yang bersumber dari loyalitas mahasiswa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan calon mahasiswa memutuskan untuk mendaftar di sebuah perguruan tinggi. Kombinasi antara kesediaan mahasiswa untuk memberikan pendapat positif tentang institusinya dan merekomendasikan institusi kepada orang lain bisa menjadi pengaruh keputusan calon mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah kulitas layanan, komitmen, kepuasan mahasiswa, reputasi, adalah faktor-faktor pembentuk loyalitas mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2016 yang berjumlah 873 mahasiswa. Dari populasi tersebut diambil sebanyak 274 sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis AMOS 22. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel kualitas layanan, komitmen, kepuasan, reputasi, dan loyalitas mahasiswa memiliki representasi yang baik untuk penyebaran data. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Komitmen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kemudian, kualitas layanan fakultas mempengaruhi reputasi secara signifikan. Kepuasan Mahasiswa memiliki pengaruh terhadap reputasi dan kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Komitmen diketahui tidak berpengaruh terhadap reputasi. Kemudian kualitas layanan, komitmen dan reputasi menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Akan tetapi komitmen memiliki pengaruh terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komitmen berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; kualitas layanan dan kepuasan diketahui berpengaruh terhadap reputasi fakultas; dan kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah mahasiswa perlu memberikan masukan kepada pimpinan fakultas apabila ada hal-hal yang dirasa menghambat kegiatan belajar dan berbagai aktivitas yang ada, ikut mengambil bagian dalam menjaga fasilitas kampus, dan selalu berupaya untuk dapat menyesuaikan diri dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik ditengah berbagai kondisi yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Komitmen, Kualitas Layanan, Loyalitas Mahasiswa, Reputasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 13:37
Last Modified: 22 Apr 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35903

Actions (login required)

View Item View Item