PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 SEMARANG


Rita Sugiyanti , 7101415060 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan calon lulusan yang diharapkan dapat bersaing didunia nyata dengan menciptakan usaha sendiri sehingga mengurangi angka pengangguran. Hasil observasi awal di SMK Negeri 2 Semarang menunjukkan bahwa masih banyak lulusan yang tidak menjadikan wirausaha sebagai pilihan karir. Dari data tracker study dapat diketahui bahwa jumlah lulusan yang menjadi wirausaha masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan, praktik kerja industri, dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMK N 2 Semarang yang berjumlah 427 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berwirausaha siswa untuk masuk dalam kategori sangat tinggi, pendidikan kewirausahaan dalam kategori sangat baik, praktik kerja industri dalam kategori sangat baik, lingkungan sosial dalam kategori sangat baik, dan self efficacy dalam kategori sangat tinggi. Secara parsial, minat berwirausaha di pengaruhi oleh pendidikan kewirausahaan sebesar (7,18%), praktik kerja industri sebesar (5,02%) lingkungan sosial sebesar (6,97%), dan self efficacy sebesar (8,07%). Selanjutnya, secara tidak langsung minat berwirausaha di pengaruhi oleh pendidikan kewirausahaan (12,67%), praktik kerja industri (9,36%), lingkungan sosial (14,75%), dan self efficacy sebagai variabel mediasi/intervening. Kesimpulannya terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung pendidikan kewirausahaan, praktik kerja industri, lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self efficacy. Saran yang diberikan antara lain pihak sekolah hendaknya menambahkan kegiatan pendidikan kewirausahaan diluar pelajaran seperti kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan lainnya yang menunjang kompetensi kewirausahaan. Guru diharapkan mampu memberikan motivasi pada siswa serta siswa agar meningkatkan percaya diri dalam menghadapi segala resiko berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pendididikan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri, Lingkungan Sosial dan Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 13:10
Last Modified: 22 Apr 2020 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35902

Actions (login required)

View Item View Item