PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BMT HUDATAMA SEMARANG


Maulidiya Musvika , 7101415059 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BMT HUDATAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BMT HUDATAMA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BMT HUDATAMA SEMARANG) - Published Version
Download (894kB) | Preview

Abstract

Loyalitas merupakan faktor penting untuk menjaga persaingan. Pada hakikatnya tujuan utama setiap bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Loyalitas anggota BMT Hudatama Semarang mengalami peningkatan pada tahun 2013-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas pelayanan dan kepercayaan anggota terhadap loyalitas anggota dengan menggunakan variabel kepuasan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota BMT Hudatama Semarang tahun 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket.Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan anggota berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota.Hasil analisis jalur diperoleh hasil bahwa kepuasan anggota mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dan kepercayaan anggota terhadap loyalitas anggota. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota, kepuasan memiliki peran sebagai variabel intervening antara kualitas pelayanan dan kepercayaan anggota terhadap loyalitas anggota. Saran dari penelitian ini adalah BMT Hudatama Semarang tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang dimiliki, karena dalam penelitian ini kualitas pelayanan berpengaruh paling tinggi dibandingkan variabel lain terhadap loyalitas anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Anggota, Kepuasan Anggota, Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 13:07
Last Modified: 22 Apr 2020 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35901

Actions (login required)

View Item View Item