PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, LINGKUNGAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BATANG


DEVI NURAVIDAH , 7101415054 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, LINGKUNGAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, LINGKUNGAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, LINGKUNGAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai dinas pemerintahan yang mengelola arsip di tingkat kabupaten, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan kearsipan di Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya sumberdaya manusia yang mampu melaksankan tugas dan tanggung jawab secara optimal untuk meningkatkan kinerjanya. Berdasarkan observasi awal dan angket pendahuluan masih ditemukan masalah mengenai kinerja pengelolaan arsip yang belum optimal. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan, lingkungan, dan semangat kerja terhadap kinerja pengelolaan arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang beserta petugas arsip binaan yang berjumlah 81 pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi dijadikan objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif persentase dengan bantuan SPSS for Windows Release 21. Hasil perhitungan data diperoleh persamaan regresi KPA = 11,221 + 0,388 PND – 0,096 PLT + 0,542 LING + 0,374 SK + e. Besarnya pengaruh secara parsial pendidikan sebesar 8,18%, pelatihan sebesar 0,66%, lingkungan sebesar 5,15%, dan semangat kerja sebesar 4,97% dan secara simultan berpengaruh sebesar 37%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan, pelatihan, lingkungan, dan semangat kerja terhadap kinerja pengelolaan arsip secara simultan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan terhadap kinerja pengelolaan arsip, terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan pelatihan terhadap kinerja pengelolaan arsip, terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan terhadap kinerja pengelolaan arsip, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan semangat kerja terhadap kinerja pengelolaan arsip. Saran dari penelitian ini adalah (1) Pimpinan dalam menempatkan pegawai terlebih dahulu melakukan seleksi terkait kesesuaian bidang keilmuan dengan job deskripsi pekerjaan. (2) Memaksimalkan penataan arsip, inventarisasi dan pengecekan fasilitas kerja secara berkala (3) Pemberian penghargaan kepada pegawai yang cepat dalam menemukan arsip (4) Perlu di berikan variabel intervening dalam penelitian selanjutnya yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pelatihan, Lingkungan, Semangat Kerja, Kinerja Pengelolaan Arsip.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 12:31
Last Modified: 22 Apr 2020 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35898

Actions (login required)

View Item View Item