PERAN BUDAYA INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH FAKTOR DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Septia Ningsikh, 7101415044 (2019) PERAN BUDAYA INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH FAKTOR DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN BUDAYA INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH FAKTOR DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN BUDAYA INTEGRITAS AKADEMIK DALAM MEMODERASI PENGARUH FAKTOR DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (989kB) | Preview

Abstract

Perilaku kecurangan akademik merupakan suatu tindakan tidak jujur yang termasuk dalam bentuk pelanggaran etika dalam lingkup akademik yang dilakukan untuk menguntungkan dirinya sendiri dan dapat merupakan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana konsep fraud diamond yang terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, dan budaya integritas akademik mampu memoderasi secara signifikan pengaruh faktor dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016, 2017 dan 2018 yang berjumlah 2738 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel digunakan rumus slovin dan diperoleh sampel berjumlah 349 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan dan rasionalisasi tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Sedangkan kesempatan dan kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, kemudian budaya integritas akademik secara signifikan mampu memoderasi pengaruh tekanan dan kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, serta budaya integritas akademik secara signifikan tidak mampu memoderasi pengaruh rasionalisasi dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam dimensi fraud diamond hanya kesempatan dan kemampuan yang secara parsial dapat mempengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa, sedangkan tekanan dan rasionalisasi tidak dapat berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Budaya integritas akademik secara signifikan mampu memoderasi pengaruh tekanan dan kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, namun tidak dapat memoderasi pengaruh rasionalisasi dan kemampuan. Saran yang diberikan kepada dosen, pihak jurusan maupun fakultas adalah mampu memperketat pengawasan serta pencegahan terkait perilaku kecurangan akademik mahasiswa, serta meningkatkan pendidikan karakter yang ada untuk mengembangkan karakter mahasiswa yang jujur dan memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuan diri sendiri untuk menanamkan motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kecurangan Akademik, Fraud Diamond, Budaya Integritas Akademik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Apr 2020 12:22
Last Modified: 22 Apr 2020 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35896

Actions (login required)

View Item View Item