EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KABUPATEN BREBES (Sumber Pendanaan APBD 1 Tahun 2018)


Rizki Nafisa , 7111415101 (2019) EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KABUPATEN BREBES (Sumber Pendanaan APBD 1 Tahun 2018). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KABUPATEN BREBES (Sumber Pendanaan APBD 1 Tahun 2018)]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KABUPATEN BREBES (Sumber Pendanaan APBD 1 Tahun 2018)) - Published Version
Download (740kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan di Kabupaten Brebes merupakan masalah kompleks dan multidimensional yang menyebabkan masyarakat berpendapatan rendah tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya salah satunya adalah rumah layak huni. Hal tersebut menjadi perhatian lebih dari pemerintah di berbagai tingkatan baik pusat hingga daerah.Untuk mengatasi masalah tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuat sebuah program batuan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebagai pemenuhan hak dasar akan rumah layak huni dan sehat. Program ini telah berjalan sejak tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyaluran bantuan dan tingkat efektivitas program bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua jenis sumber data yakni data primer dan sekunder yang didapat melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumnetasi. Sampel penelitian ini adalah 87 penerima bantuan yang tersebar di Kecamatan Brebes, Kecamatan Bulakamba, dan Kecamatan Wanasari. Setelah data terkumpul, selanjutnya data di analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima tahap dalam mekanisme penyaluran bantuan sesuai dengan Pergub Jawa Tengah Nomor 48 Tahun 2017 yakni tahap perencanaan, tahap pencairan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan evaluasi serta tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukan variabel ketepatan tujuan tidak mencapai tujuan dengan nilai persentase sebesar 55,94%, variabel kepuasan terhadap program diperoleh hasil tidak puas terhadap program dengan persentase sebesar 57,84 dan variabel ketepatan sasaran diperoleh hasil sasaran sangat tepat dengan nilai persentase sebesar 84,07%. Saran terkait penelitian ini adalah perlunya pendampingan terhadap penerima bantuan mengenai pembuatan proposal, pengoptimalan kinerja oleh penyelenggara program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi agar segera dibenahi dan dijalankan berdasarkan pedoman yang sudah ada sehingga tujuan program dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: emiskinan, Kebijakan Publik, Efektivitas, Rumah Tidak Layak Huni
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Apr 2020 00:39
Last Modified: 22 Apr 2020 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35891

Actions (login required)

View Item View Item