PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Deti Siswati , 7101415041 (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (942kB) | Preview

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan kebulatan tekad dan kesungguhan seseorang untuk melakukan suatu tindakan berwirausaha, dimana tindakan berwirausaha tersebut berupa memilih karir menjadi seorang wirausaha dengan cara menciptakan suatu produk yang inovatif sehingga memiliki nilai ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, norma subjektif dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian 313 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 176 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Responden ditentukan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa intensi berwirausaha dalam kategori tinggi, efikasi diri dalam kategori baik, norma subjektif dalam kategori sangat mendukung, dan pendidikan kewirausahaan dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, norma subjektif dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap intensi berwirausaha (52,1%). Secara parsial efikasi diri berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (6,5%), norma subjektif berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (30,8%) sedangkan pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (22%). Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh efikasi diri, norma subjektif dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa sebaiknya dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang kewirausahaan dengan memulai merencanakan bisnis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensi Berwirausaha, Efikasi Diri, Norma Subjektif, Pendidikan Kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Apr 2020 17:56
Last Modified: 21 Apr 2020 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item View Item