PENGARUH PENGETAHUAN BANK SYARIAH, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017)


Oriesta Dhea Budi Utamy, 7101415038 (2019) PENGARUH PENGETAHUAN BANK SYARIAH, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN BANK SYARIAH, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut]
Preview
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN BANK SYARIAH, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut) - Published Version
Download (907kB) | Preview

Abstract

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto merupakan perguruan tinggi yang memiliki banyak mahasiswa. Mahasiswa merupakan sasaran yang tepat bagi perbankan syariah untuk memperbesar pertumbuhan tabungan atau dana pihak ketiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan bank syariah, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan menabung di Bank Syariah baik secara langsung maupun melalui minat menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa perbankan syariah FEBI IAIN Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh populasi penelitian yang berjumlah 106 responden. Data penelitian yang diolah adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Pengujian Instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis statistik deskriptif, variabel promosi berada dalam kategori cukup, sedangkan pengetahuan bank syariah, fasilitas, minat menabung, dan keputusan menabung di Bank Syariah berada dalam kategori tinggi, (2) pengetahuan bank syariah, promosi, fasilitas, dan minat menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, (3) pengetahuan bank syariah, promosi, dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, dan (4) minat menabung mampu memediasi pengetahuan bank syariah, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan menabung di Bank Syariah meskipun tidak secara sempurna atau disebut partial mediation. Simpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan bank syariah, promosi, fasilitas, dan minat menabung berpengaruh terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Variabel minat menabung memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Minat menabung berhasil memediasi pengetahuan bank syariah, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Saran dari penelitian ini adalah bank syariah diharapkan dapat memperbaiki fasilitas yang tersedia dan meningkatkan promosi agar calon nasabah dapat mengetahui produk apa saja yang ditawarkan sehingga minat dan keputusan menabung di Bank Syariah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Bank Syariah, Promosi, Fasilitas, Minat Menabung, dan Keputusan Menabung di Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:49
Last Modified: 21 Apr 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35879

Actions (login required)

View Item View Item