PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) PATI
Latifatul Khoiriah , 1201415015 (2020) PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) PATI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penyelenggaraan pembelajaran program paket C dilatarbelakangi permasalahan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan yang lebih baik karena beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor ekonomi, sosial, budaya, drop out dari sekolah formal dan waktu yang tidak cukup untuk belajar dan bekerja serta guru pamong yang tidak tegas terhadap peserta didik paket C saat proses pembelajaran. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati merupakan salah satu bentuk dari satuan pendidikan nonformal yang membantu masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik maupun usaha mandiri. Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran paket C di SKB Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang yaitu 2 guru pamong, 3 peserta didik paket C dan 1 informan yaitu kepala sekolah SKB Pati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa penyelenggaraan pembelajaran mencakup: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, SKL, menetapkan tujuan pembelajaran, guru pamong, peserta didik, bahan ajar, sarana serta penilaian belajar. 2) pelaksanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dilaksanakan instruktur dengan berpedoman pada materi belajar, metode, media, proses pembelajaran, waktu, komunikasi serta motivasi. 3) evaluasi pembelajaran, dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang berdasarkan pada tujuan evaluasi, jenis dan model evaluasi, pelaksana serta waktu evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran paket C berjalan dengan secara terstruktur dan sistematis, terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelenggaraan Pembelajaran, Paket C |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 15:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 15:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35878 |
Actions (login required)
View Item |