PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) SABAH, MALAYSIA


Muhammad Zaki Ahadiat , 1102416034 (2020) PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) SABAH, MALAYSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) SABAH, MALAYSIA]
Preview
PDF (PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) SABAH, MALAYSIA) - Published Version
Download (725kB) | Preview

Abstract

Sekolah Indonesia Kota Kinbalu adalah satu-satunya sekolah resmi Indonesia yang ada di Sabah, Malaysia. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu memiliki seluruh jenjang pendidikan dimulai dari Sekolah Dasar hingga SMA/SMK. Anak-anak di Kota Kinabalu, Malaysia diketahui sebagian besar jarang mendapatkan pendidikan karakter dari orangtua nya, sehingga sekolah menjadi satu-satunya tempat dimana anak dapat mengembangkan potensi nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimna perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam proses implementasi pendidikan karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perencanaan terkait pendidikan karakter di SIKK sudah dilaksanakan dengan baik berpedoman pada kurikulum dan aturan sekolah yang sudah disepakati, lalu pelaksanaan pendidikan karakter disana sudah sesuai dengan apa yang diatur oleh kurikulum dan aturan negara tentang pendidikan karakter yaitu Perpres No.87 2017, dan Permendikbud No 20 2018 serta adapun faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu seperti jadwal yang padat ,SDM yang kurang serta terbatasnya waktu siswa melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler. Lalu hasil yang terakhir bahwa evaluasi tentang pendidikan karakter di SIKK sudah berjalan baik, terbukti dengan adanya daftar tabel poin sebagai bentuk evaluasi pendidikan karakter di SIKK. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis dari seluruh data yang didapat peneliti selama disana. Manfaat bagi bidang ilmu dalam penelitian ini adalah menjadi kajian bagi pengembang kurilum terkait program pendidikan karakter serta menjadi bahan refernsi dan sumber bacaan bagi peneliti lainnya terkait pendidikan karakter. Adapun saran yang dapat disampaikan peneliti yaitu, melakukan program tambahan seperti sidak kontrakan rutin yang bertujuan untuk mengurangi kurangnya pengawasan terhadaqp siswa di luar sekolah, dan menghadirkan SDM yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan berkualitas untuk dapat memaksimalkan kinerja dan program yang telah disusun di SIKK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Pendidikan Karakter , Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:37
Last Modified: 21 Apr 2020 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35877

Actions (login required)

View Item View Item