KEEFEKTIFAN APLIKASI KAHOOT BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH
Dimas Amrullah , 1102415073 (2020) KEEFEKTIFAN APLIKASI KAHOOT BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN APLIKASI KAHOOT BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil wawancara dan observasi di SMA Negeri 1 Wiradesa diketahui bahwa hasil belajar mereka pada mata pelajaran sejarah mempunyai nilai rata – ratanya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 59,26. Dari 34 siswa hanya 12 peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran sejarah. sehingga perlu metode baru untuk menciptakan evaluasi yang praktis dan bersifat konkrit bagi peserta didik. Salah satu alat evaluasi yang digunakan peniliti untuk mengoptimalkan proses evaluasi di sekolah adalah aplikasi Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Kahoot berbasis web yang digunakan sebagai alat evaluasi guru di sekolah pada mata pelajaran sejarah. Desain penelitian menggunakan Pre experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis pemahaman konsep siswa setelah dilakukan prestes dan posttest, nilai Posttest siswa menunjukan angka rata-rata 82,50 sedangkan pretest menunjukan rata-rata nilai sebesear 59,26. Hal ini diperkuat dengan Uji Paired Sample Test sebagai uji t, pada uji t menunjukan sig.(2-tailed) menunjukan <0,05, maka dapat disimpulkan penolakan terhadap Ho. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata hasil pretest, maka dapat dikatakan bahwa evaluasi menggunakan media kahoot efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah dibandingkan dengan melalui evaluasi konvensional. Sehingga peneliti merekomendasikan Kahoot menjadi salah satu alternatif alat evaluasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran sejarah di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kahoot, aplikasi, evaluasi, sejarah. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 15:33 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 15:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35874 |
Actions (login required)
View Item |