PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 DEMAK


Neng Mira Oktaviani , 1102415046 (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 DEMAK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 DEMAK) - Published Version
Download (850kB) | Preview

Abstract

Berbagai masalah yang muncul pada saat pembelajaran mandiri di kelas X Multimedia SMK N 1 Demak adalah guru belum mampu mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator, siswa yang bertindak sebagai free rider di kelas, terhambatnya proses diskusi. Hal itu disebabkan tidak adanya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas E-Learning sebagai media pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Demak dan sampelnya yaitu siswa kelas X Multimedia 1 dan 2. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengukuran hasil belajar, angket respon guru dan siswa, lembar validasi ahli media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-Learning hasil pengembangan sangat layak, sesuai dengan validator ahli media yang memperoleh skor 92% dan ahli materi dengan skor 85%. E-Learning merupakan media pembelajaran yang sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Hal tersebut sesuai dengan hasil respon guru terhadap penggunaan E-Learning yang memperoleh skor 90% dan respon siswa yang memperoleh skor 94%. (2) Pembelajaran mandiri menggunakan E-Learning memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran mandiri tanpa menggunakan E-Learning. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil uji paired t-test, thitung = 3,928 > ttabel = 2,030 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan E-Learning. Agar pembelajaran mandiri lebih efektif, perlu adanya pengembangan E-Learning sebagai media pembelajaran mandiri untuk semua materi dan semua kelas serta perlu memanfaatkan fasilitas lain dari aplikasi moodle yang belum dimaksimalkan penggunaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-Learning, Pembelajaran Mandiri, Moodle, Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:30
Last Modified: 21 Apr 2020 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35872

Actions (login required)

View Item View Item