EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG


Denta Septian Pamungkas , 1102415019 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG) - Published Version
Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dan observasi terkait belum maksimalnya kegiatan belajar di kelas dan juga kurangnya inovasi dan kreasi dalam penyampaian materi kepada siswa kelas IV SDN Mlatiharjo 01 Semarang. Guru kemudian dituntut dalam menghadirkan variasi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, kemudian muncullah dua teknologi modern yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, yaitu augmented reality dan virtual reality. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan media virtual reality terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Mlatiharjo 01, (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan media augmented reality terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Mlatiharjo 01, (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan media virtual reality dengan pembelajaran yang menggunakan media augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode sampling ordinal pairing, yaitu dengan membagi sampel menjadi 2 kelompok dengan kondisi yang sama dengan didasari pada nilai pretest yang dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dokumentasi, serta teknik analisis data dengan melakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar kepada siswa setelah menggunakan media virtual reality dan augmented reality. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rerata hasil belajar siswa yang menggunakan media augmented reality sebesar 16.13 %, sedangkan siswa yang menggunakan media virtual reality juga meningkat sebesar 24.78%. Kemudian media virtual reality lebih efektif digunakan dibandingkan media augmented reality. Perbandingan tersebut dibuktikan dengan hasil uji t di atas dapat diketahui bahwa thitung sebesar 3.269 dan ttabel (df, 40;0,05) = 2.021, sedangkan besarnya nilai signifikansi p = 0.05. karena thitung 3.269 > t tabel = 2.021, dan sig. = 0.002 < 0.05, berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rerata selisih postest kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality dan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran virtual reality sebesar 5.71. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media virtual reality dan augmented reality, serta terdapat perbedaan efektivitas antara media virtual reality dan augmented reality. Saran yang dapat penulis rekomendasikan kedua media tersebut sangat inovatif untuk diimplementasikan di kelas namun dibutuhkan kesiapan dari guru dan juga sekolah untuk menunjang keberhasilan media tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Augmented Reality, Virtual Reality, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:28
Last Modified: 21 Apr 2020 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35871

Actions (login required)

View Item View Item