PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEINOVATIFAN DAN KREATIVITAS GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT


Dwi Eti Awaliatun , 1102415003 (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEINOVATIFAN DAN KREATIVITAS GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEINOVATIFAN DAN KREATIVITAS GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEINOVATIFAN DAN KREATIVITAS GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran eksak dan non-eksak karena guru belum menekankan keinovatifan dan kreativitas pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mengukur pengaruh fasilitas belajar terhadap keinovatifan guru SMP Negeri di Kecamatan Semarang Barat, (b) mengukur pengaruh fasilitas belajar terhadap kreativitas guru SMP Negeri di Kecamatan Semarang Barat, (c) mengukur pengaruh fasilitas belajar terhadap keinovatifan dan kreativitas guru SMP Negeri di Kecamatan Semarang Barat. Penelitian ini dilakukan ditiga sekolah yaitu SMP Negeri 19 Semarang, SMP Negeri 30 Semarang dan SMP Negeri 31 Semarang yang mana sekolah-sekolah tersebut berada di Kecamatan Semarang Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu survei. Populasi penelitian ini berjumlah 125 guru kemudian dengan menggunakan teknik simple random sampling maka peneliti memutuskan menggunakan sampel 60 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier multivariat. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa fasilitas belajar dalam kategori sedang dengan persentase 71,8%, keinovatifan guru masuk dalam kategori sedang dengan persentase 68,4% dan kreativitas guru juga dalam kategori sedang dengan persentase 78,4%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa (1) Tedapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap keinovatifan guru yang diperoleh dari thitung (3,296) lebih besar dari ttabel (2,002) dengan taraf signifikansi 0,05 (5%); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap kreativitas guru yang mana diperoleh dari thitung (4,979) lebih besar dari ttabel (2,002) dengan taraf signifikansi 0,05 (5%); (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap keinovatifan dan kreativitas guru yang hasilnya diperoleh dari X (Sig.) semuanya < 0,05. Maka berdasarkan hasil pengujian tersebut Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu “Terdapat Pengaruh yang Signifikan Antara Fasilitas Belajar Terhadap Keinovatifan dan Kreativitas Guru SMP Negeri Di Kecamatan Semarang Barat”. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk kemudian ditindaklanjuti dalam proses meningkatkan keinovatifan dan kreativitas guru agar nantinya guru dapat membuat media yang lebih bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Fasilitas Belajar, Keinovatifan Guru, Kreativitas Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:25
Last Modified: 21 Apr 2020 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35869

Actions (login required)

View Item View Item