ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N KALISEGORO


Agung Dwi Kurniawan , 1102414113 (2020) ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N KALISEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N KALISEGORO]
Preview
PDF (ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N KALISEGORO) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif sangat membantu dalam melaksanakan atau mengimplementasi kurikulum 2013 yang dimana pembelajaraannya tematik sehingga sangat cocok dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament sebagai solusi inovasi dan alternatif dalam menerapkan pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD dalam model pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan model rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD N Kalisegoro Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SD N Kalisegoro Semarang yang dipilih dengan teknik sampling purposive dengan cara random sampling dan didapat kelas III SD N Kalisegoro Semarang sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N- Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 0,44 termasuk pada kategori sedang. Dengan hasil tersebut, maka pembelajaran dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya peningkatan hasil belajar. Sehingga model pembelajaran TGT untuk kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji one sample t test dengan taraf signifikasi 0,05, jika p-value (sig) < α = 0,05 maka Ho ditolak, sedangkan untuk kondisi lainnya Ha diterima. Berdasarkan output one sample t test diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,276 > 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha tolak. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT sebesar nilai 70. Selanjutnya output hasil dari uji paired sample t test diketahui bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan viii model pembelajaran TGT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, TGT, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:19
Last Modified: 21 Apr 2020 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35868

Actions (login required)

View Item View Item