PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nida Ainun Nissa , 3101415060 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (742kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pembelajaran adalah mengembangkan perilaku yang didasarkan pada nilai dan moral yang mencerminkan karakter diri, masyarakat dan bangsa. Lembaga sekolah dalam hal ini guru mempunyai tugas dalam penanaman nilainilai nasionalisme siswa. Salah satunya adalah melalui pembelajaran sejarah yang diajarkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang (2) Penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang (3) Hambatan-hambatan dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sejarah dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (2) Guru sejarah menanamkan nilai-nilai nasionalisme kedisiplinan, bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, menerima kemajemukan, bangga pada budaya yang beragam, menghargai jasa para pahlawan dan mengutamakan kepentingan umum (3) Hambatan-hambatan yang dialami dalam pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah guru sejarah mengalami kesulitan dalam hal mencari waktu untuk mengadakan ulangan susulan. Hambatan yang dialami dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme adalah perbedaan karakter yang dimiliki setiap siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah di SMA Negeri 12 Semarang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Nilai-nilai nasionalisme yang utama ditanamkan guru sejarah adalah kedisiplinan. Hambatan yang dialami dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme adalah perbedaan karakter yang dimiliki setiap siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah, Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 00:05 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 00:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35861 |
Actions (login required)
View Item |