DETERMINAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2017


Dini Nuriani , 7111415100 (2019) DETERMINAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of DETERMINAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2017]
Preview
PDF (DETERMINAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2017) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi yang memiliki angka indeks gini tertinggi di Pulau Jawa dan diatas rata-rata nasional artinya ketimpangan pendapatan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta lebih parah dari Indonesia. Hal tersebut merupakan masalah serius karena akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data panel yaitu kombinasi time series dan cross section yang diuji dengan metode analisis regresi Fixed Effect dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial digunakan uji t-Statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-statistik, dimana pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 9.0. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperolah dari website Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2011-2017. Variabel penelitian ini adalah ketimpangan pendapatan, jumlah penduduk, PDRB, indeks pembangunan manusia, dan upah minimum kabupaten/ kota. Hasil dari penelitian ini adalah variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks gini, variabel PDRB berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks gini, variabel indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks gini, dan variabel upah minimum kabupaten/ kota berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap indeks gini. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap indeks gini di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Koefisien determinasi R2 sebesar 78,41 menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan pengaruhnya sebesar 78,41% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 21,59% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan pada penelitian. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) Pemerintah mengkaji kembali mengenai kebijakan di bidang ketenagakerjaan yang lebih tepat sasaran dalam menyiapkan lapangan kerja bagi angkatan kerja yang ada, (2) Mengembangkan sektor pertanian yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan, (3) Meningkatkan mutu pendidikan di setiap kabupaten/ kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta seperti sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, (4) Memberikan suatu pelatihan kepada pekerja di sektor informal guna meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Pendapatan, Jumlah Penduduk, PDRB, Indeks Pembangunan Manusia, Upah Minimum Kabupaten/ Kota.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 21 Apr 2020 00:02
Last Modified: 21 Apr 2020 00:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35860

Actions (login required)

View Item View Item