PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SLB NEGERI SEMARANG


Anjas Wiguna , 3101415005 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SLB NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SLB NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (540kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran guru dan peserta didik terlibat sebuah interaksi dengan bahan pelajaran dalam interaksi tersebut, peserta didik diharapkan lebih aktif. Terutama pada anak tunagrahita karena kondisi anak yang kecerdasanya dibawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial. Adalanya pembelajaran IPS dapat mengeluarkan segala potensi yang dimiliki siswa, selain itu diharapkan siswa mempunyai ketrampilanketrampilan menggunakan pengetahuan. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru di SLB Negeri Semarang dalam pelaksanaan pembelajaran IPS. (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran IPS di SLB Negeri Semarang. (3) Mendeskripsikan persepsi siswa kelas XI terhadap pembelajaran IPS di SLB Negeri Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi fenomenologi. Lokasi penelitian di SLB Negeri Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan dari kordinator tunagrahita, guru kelas dan siswa, aktivitas pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hambatan-hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu, bahwa guru menghadapi kendala pembelajaran IPS dikarenakan adanya hambatan persiapan, proses pembelajaran dan karakteristik siswa (2) Upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran IPS, guru sudah mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi saat pembelajaran IPS pada siswa tunagrahita ringan (3) Persepsi siswa terhadap pelajaran IPS bisa dikatakan positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Tunagrahita.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 07:01
Last Modified: 21 Apr 2020 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35859

Actions (login required)

View Item View Item