PENGEMBANGAN MEDIA PAZGAM (PAZEL GAMELAN) DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL NAMA INSTRUMEN GAMELAN UNTUK SISWA KELAS II SDIT MUTIARA HATI SEMARANG


Gelby Nachreza , 2601415001 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PAZGAM (PAZEL GAMELAN) DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL NAMA INSTRUMEN GAMELAN UNTUK SISWA KELAS II SDIT MUTIARA HATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PAZGAM (PAZEL GAMELAN) DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL NAMA INSTRUMEN GAMELAN UNTUK SISWA KELAS II SDIT MUTIARA HATI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PAZGAM (PAZEL GAMELAN) DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL NAMA INSTRUMEN GAMELAN UNTUK SISWA KELAS II SDIT MUTIARA HATI SEMARANG) - Published Version
Download (519kB) | Preview

Abstract

Mengenal nama instrumen gamelan merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas 2 sekolah dasar. Nyatanya, saat ini masih banyak siswa yang kurang tertarik mengenal instrumen gamelan, dan kesulitan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran mengenal nama instrumen gamelan untuk membantu guru menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan media, menghasilkan produk berupa media pembelajaran pazel, dan medeskripsikan hasil uji validasi ahli. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data pada penelitian berupa data analisis kebutuhan guru, serta data analisis uji validasi ahli. Sumber data penelitian ini adalah guru, ahli media, dan ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dibutuhkan media untuk pembelajaran mengenal nama instrumen gamelan. Berdasarkan analisis kebutuhan guru, diketahui bahwa dibutuhkan media yang berupa media visual, berbasis permainan, sederhana, dan mudah digunakan. Dalam media pembelajaran mengenal nama instrumen gamelan ini, siswa menggunakan pazel jenis The Thing Puzzle untuk mencocokkan gambar instrumen gamelan dengan nama, cara memainkan, serta bunyinya. Adapun perbaikan yang diperoleh dari uji validasi ahli adalah sebagai berikut, 1) perbaikan ukuran dan bahan media, 2) perbaikan buku panduan guru dan penambahan buku panduan untuk siswa, 3) perbaikan nama media, serta 4) perbaikan pada beberapa materi yang digunakan. Saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) guru dan siswa di SDIT Mutiara Hati Semarang sebaiknya memanfaatkan dan menerapkan PAZGAM, 2) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan media pazel gamelan ini sebagai media pembelajaran mengenal nama instrumen gamelan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, instrumen gamelan, pazel.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2020 23:35
Last Modified: 20 Apr 2020 23:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item