ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KENTANG DI KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA


Chusna Inayati , 7111415033 (2019) ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KENTANG DI KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KENTANG DI KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA ]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KENTANG DI KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA ) - Published Version
Download (817kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Banjarnegara mempunyai produktivitas kentang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Tidak semua kecamatan di Kabupaten Banjarnegara memproduksi kentang, hanya empat dari 20 Kecamatan. Kecamatan Batur dipilih karena menjadi penghasil kentang terbesar dari tiga Kecamatan lainnya di Kabupaten Banjarnegara, tetapi fluktuasi yang cenderung paling menurun juga berasal dari Kecamatan Batur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan produksi dan pendapatan usahatani kentang di Kecamatan Batur. Sampel penelitian berjumlah 97 orang di Kecamatan Batur diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus slovin. Variabel dalam penelitian ini adalah luas lahan (X1), tenaga kerja (X2), pupuk (X3), pestisida (X4) dan hasil produksi (Y). Metode pengumpulan data diperoleh dari pengisian kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan analisis regresi berganda dan analisis R/C ratio. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial variabel luas lahan, pupuk, dan pestisida berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi kentang. Sedangkan variabel tenaga kerja tidak signifikan. Secara simultan variabel luas lahan, pupuk, dan tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi kentang dengan nilai F-hitung > F-tabel yaitu 147.8283 > 2,47. Nilai return to scale sebesar 0,89. Rata-rata pendapatan sebesar Rp 7.099.612/musim tanam dengan nilai R/C ratio sebesar 1,77. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa tiga variabel penelitian signifikan dan satu variabel tidak signifikan. Usahatani kentang di Kecamatan Batur menguntungkan untuk diteruskan. Sebaiknya perlu adanya pembenahan sumber daya manusia berkaitan dengan umur tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan output sehingga meningkatkan tingkat kesejahteraan petani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usahatani Kentang, Faktor Produksi, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 20 Apr 2020 15:11
Last Modified: 20 Apr 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35847

Actions (login required)

View Item View Item