INTEGRASI PASAR BAWANG MERAH JAWA TENGAH DENGAN PASAR BAWANG MERAH JAWA TIMUR, JAKARTA, DAN JAWA BARAT
Siti Sholihah , 7111415027 (2019) INTEGRASI PASAR BAWANG MERAH JAWA TENGAH DENGAN PASAR BAWANG MERAH JAWA TIMUR, JAKARTA, DAN JAWA BARAT. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (INTEGRASI PASAR BAWANG MERAH JAWA TENGAH DENGAN PASAR BAWANG MERAH JAWA TIMUR, JAKARTA, DAN JAWA BARAT )
- Published Version
Download (967kB) | Preview |
Abstract
Jawa Tengah merupakan produsen bawang merah terbesar di Indonesia. Namun, dalam pengembanganya menghadapi masalah yaitu, harga bawang merah cenderung berfluktuatif. Fluktuasi harga bawang merah masih tetap tinggi sementara pemerintah telah menetapkan kebijakan-kebijakan untuk menjaga stabilitas harga bawang merah dan untuk melindungi produsen dan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis integrasi pasar bawang merah Jawa Tengah dengan pasar bawang merah Jawa Timur, Jakarta, dan Jawa Barat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji kointegrasi Johansen, uji kausalitas Granger, dan Vektor Autoregression/Vektor Error Correction Model (VAR/VECM). Data yang digunakan merupakan data sekunder berbentuk bulanan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian Pertanian. Hasil dari penelitian adalah pasar produsen dan pasar konsumen bawang merah di Jawa Tengah terintegrasi, pasar produsen Jawa Tengah dan pasar konsumen Jawa Timur, Jakarta, dan Jawa Barat terintegrasi, pasar konsumen Jawa Tengah dan pasar konsumen Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Barat terintegrasi. Berdasarkan hasil analisis kausalitas Granger menunjukkan bahwa masing-masing pasar terintegrasi secara lemah, hanya pasar konsumen Jawa Tengah dan pasar konsumen Jawa Timur yang terintegrasi secara kuat. Berdasarkan hasil analisis VAR/VECM menunjukkan bahwa penyesuaian harga bawang merah di pasar produsen Jawa Tengah lebih lambat dibandingkan penyesuaian harga bawang merah di pasar konsumen Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jakarta. Berdasarkan analisis variance decomposition menunjukkan bahwa pasar konsumen Jawa Tengah merupakan pasar dominan yang mempengaruhi pembentukan harga di pasar Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan peningkatan pelaksanaan kebijakan pemerintah tentang floor price dan ceiling price. Peningkatan peran aktif PIP untuk menjamin kecepatan penyesuaian harga kembali ke kondisi keseimbangan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | harga bawang merah; integrasi pasar; kointegrasi Johansen; uji kausalitas; VAR/VECM |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 14:57 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 14:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35845 |
Actions (login required)
View Item |