IMPLEMENTASI STRATEGI I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KONSERVASI SISWA


Aeniyatul Istiqomah , 4001415058 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KONSERVASI SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI STRATEGI I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KONSERVASI SISWA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI STRATEGI I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KONSERVASI SISWA) - Published Version
Download (689kB) | Preview

Abstract

Keadaan lapangan menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia tidak fokus untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif. Hal ini didukung oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan karakter konservasi siswa di MTs NU 01 Kramat masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi I-STEM pada pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan karakter konservasi siswa beserta besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik cluter random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest-posttest dan lembar observasi karakter konservasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi yang didapatkan berdasarkan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa adalah r = 0,89. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi kemampuan berpikir kreatif memperlihatkan thitung > ttabel yaitu 7,911 > 2,001 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan, adanya perbedaan menunjukkan adanya pengaruh. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 80%. Implementasi strategi I-STEM juga berpengaruh terhadap karakter konservasi siswa yang dibuktikan dengan hasil diagram batang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi I-STEM pada materi tata surya berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan karakter konservasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Islamic, STEM, kemampuan berpikir kreatif, karakter konservasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2020 18:57
Last Modified: 17 Apr 2020 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item View Item