KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT


Indra Dana Wahyudi , 4101415003 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) - Published Version
Download (902kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam aspek kemampuan penalaran matematis dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Metode yang digunakan adalah mixed methods explanatory sequential design dengan populasi siswa SMA N 1 Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yang dipilih berdasarkan kategori gaya belajar dan diperoleh 6 subjek. Data penelitian diambil dengan teknik tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan penalaran matematis pada penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project mencapai ketuntasan klasikal; (2) Dua subjek tipe gaya belajar visual memiliki kemampuan penalaran matematis di tingkat sedang dan rendah.; (3) Dua subjek tipe gaya belajar auditori memiliki kemampuan penalaran matematis di tingkat tinggi dan rendah.; (4) Dua subjek tipe gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematis di tingkat tinggi dan rendah.; (5) Rata-rata hasil tes kemampuan tiap gaya belajar menunjukkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki rata-rata tertinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Gaya Belajar, Missouri Mathematics Project.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2020 18:51
Last Modified: 17 Apr 2020 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35838

Actions (login required)

View Item View Item